Jaga Hati Anda dengan Pola Tidur yang Baik

Hm… Lagi bingung mau nulis apa. Enggak ada ide sama sekali, padahal udah sejam kutak-katik kompie. Waktu lagi liat-liat folder lama, aku pun menemukan ini. Tulisan ini dulu enggak sengaja aku dapet dari blog teman pas lagi nyari tugas kuliah. Sebenarnya, aku udah pernah masukin ini pada blog sebelumnya, ketika masih bernaung dibawah blog FS. Namun, enggak ada salahnya kalau aku tulis lagi, lagipula ada beberapa hal yang udah aku tambahkan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang suka begadang dan jarang makan pagi. He2… (Nyindir aku banget nih blog ^.^)

Para dokter di National Taiwan Hospital beberapa waktu yang lalu mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati(GOT,GPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!

Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index). Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil index yang normal berarti semua OK. Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan.

Adapun penyebab utama kerusakan hati adalah :

Tidur terlalu malam. Maksimal kalo mau bobo itu di bawah jam 11. Mengenai alasan liat di proses yang terjadi di dalam tubuh

Bangun terlalu siang , akibatnya tidak buang air di pagi hari.

Pola makan yang terlalu berlebihan. Semakin banyak kita mengkonsumsi makanan yang berlemak, empedu dan hati kita pun akan bekerja lebih ekstra. Akibatnya, penyakit pun berdatangan seperti obesitas, perlemakan hati yang pada akhirnya bisa berujung ke Kanker Hati dan Pankreas.

Tidak makan pagi.

Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan. Ada beberapa jenis obat-obatan yang bersifat hepatotoksik. Percaya enggak percaya salah satu contohnya adalah Paracetamol. Obat panas yang paling umum dan paling sering digunakan oleh masayarakat.

Terlalu banyak mengkonsumsi bahan sintesis buatan; Pengawet, Pewarna dll. Bahan-bahan makanan sintesis ini merupakan karsinogen yang berbahaya untuk tubuh kita. Apa sih karsinogen itu? Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

Minyak goreng yang tidak sehat. Untuk itu sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan. Hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.

Mengkonsumsi masakan mentah atau sangat matang juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Berikut adalah proses yang terjadi dalam tubuh kita.

Malam hari pk 9 – 11 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari pk 11 – dini hari pk 1 : saat prosesde-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Ini hari pk 1 – 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Ini hari pk 3 – 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pagi pk 5 – 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

Pagi pk 7 – 9 : waktu penyerapan gizi makanan lagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9- 10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Bukan hanya hati yang akan bermasalah tapi anemia juga mengintai para “Pegadang – Orang yang Suka Begadang”. Aku pernah nanya ama temen-temenku, “Apa aja sih yang sering buat kita begadang?” Mereka menjawab, “Ya, banyak Nit. Bisa karena belajar – besok mau ujian, maen game, kangen-kangenan ama pacar lewat telepon, dll”.

Dari jawaban itu, aku membuat “Tips sederhana menghindari begadang“, antara lain :

Begadang karena belajar. Biar aman, belajarnya di cicil dari jauh hari. Jadi, pas ujian kita enggak panik lagi, tinggal ngulang aja. Lagipula hasil belajar dari begadang itu enggak terlalu efektif. Pertama, kondisi tubuh kita enggak fit karena kurang tidur, misal enggak konsentrasi, badan terasa enggak enak, melayang dll. Kedua, ketika kita begadang sebenarnya otak kita mengalami hipoksia (kekurangan oksigen) akibatnya apa yang kita hapal juga akan hilang.

Begadang karena maen game atau nonton. Memang kalo lagi asyik-asyiknya maen atau nonton kita jadi lupa waktu. Rasanya kuat banget, “Aku enggak bakal berhenti kalo belum tamat.” Namun, kembali lagi kita ingat tujuan awal kita. Tanyakan pada diri kita, “Untuk apa sih sebenarnya aku maen game atau nonton ini?” Kalau jawabannya untuk refreshing, kenapa kita harus memperburuk keadaan. Bener enggak, Temen-temen?

Begadang karena kangen-kangenan ama pacar lewat telepon. Wah, ini yang paling rumit. Mengingat orang yang pacaran itu sensitif, salah penyampaian bisa babak belur. Misal kita jujur nih kita ngantuk, kalo ngerti urusan selesai tapi kalo enggak kemungkinan bakal diocehin lebih lama lagi. Selain itu, sekarang banyak provider HP yang ngasih gratisan dari pukul 00.00. Gimana enggak sakit orang Indonesia kalo begini? Walau begitu, justru di sinilah uniknya. Sebagai calon pendamping yang baik, kita enggak boleh memaksakan kehendak. Kita juga harus mengerti satu sama lain karena sayang itu enggak cukup dengan perkataan aja tapi harus ditunjang juga dengan sikap dan perbuatan kita.

Teman-teman, itulah tips singkat menghindari begadang. Siapa lagi yang akan menyayangi tubuh kita kalau bukan kita sendiri. Oleh karena itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang.

Pesan Bang Roma, “Begadang jangan begadang… kalau tiada artinya. Begadang boleh boleh saja, asal ada perlunya…”

Bagi yang Muslim : Jangan lupa sholat Tahajjud
Ini akan menjaga hati (Qalbu) kita ^_^

2 Comments (+add yours?)

  1. italina89
    Aug 22, 2008 @ 12:08:00

    -Tidur terlalu malam.
    -Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.(krn lg sakit)
    -Begadang karena maen game atau nonton.

    adalah 3 hal kebiasaan qu..

    heeeeeeeelp!!!!!!!

    Reply

  2. Lunix96
    Sep 07, 2008 @ 18:06:00

    Bagus banget nih…ijin yah…aku salin ke blogku yah di jagahati.wordpress.com. Thanks

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: