Ujian Bedah

Akhirnya selesai juga blog tentang status ujian bedah. Di stase bedah RSMH Palembang, ujian buat dokter mudanya alias koas adalah membuat status yang benar dan memahaminya. Statusnya terdiri atas 2 buah status bedah mayor (satu tergantung penguji, yang satunya lagi kasus yang kita suka) dan 1 buah status bedah minor (yang banyak dipilih kista atheroma dan lipoma).

Cara menempuh ujian bedah:
1. Pilih kasus yang paling kita kuasai
2. Pahami apa yang kita tulis di status
3. Baca literatur yang sahih
4. Bimbingan dengan kk residen

Sebenarnya, itu cara standar. Kalo emang pengen nilai bagus ya harus belajar tapi terkadang kita ga cukup waktu untuk baca semua bahan. Tidak bisa dipungkiri juga penguji itu memegang peranan penting atas lulus atau tidaknya kita. Enak kalo kita dapet yang bonam bisa aman-aman aja. Coba kalo dapet yang malam, habislah kita. Pengalaman ujian kemaren menyadarkan gw banget. Jangan menunda belajar dan memilih belajar kasus-kasus yang mudah aja.

Berikut ini adalah kiat-kiat dalam menjawab soal ujian bedah.

Pada dasarnya di setiap stase itu ada penguji yang bonam, dubia dan malam. Sekarang kita enggak usah berpikir yang bonam dulu deh. kita langsung aja pikirin yang malam. Misalnya yang malam itu bedah onkologi, bedah digestif,dll udah ga usah pikir panjang pelajari aja kasus yang paling sering terjadi di bidang bedah onkologi dan digestif. Andaikata kita enggak dapet penguji itu setidaknya kita bisa jadikan kasus itu untuk referensi kasus pilihan. Syukur-syukur dapet yang bonam. Siapin juga yang lain untuk jaga-jaga.

Setelah belajar, kita tidak boleh berbangga diri. Tanya teman-teman yang ujian sebelumnya, apa aja pertanyaannya dan jawabannya. Jangan nanya cuma dengan satu orang aja. Usahakan sebanyak mungkin. Lihat juga statusnya untuk sekedar membandingkan dengan status kita karena tidak jarang konsep pertanyaannya akan berulang dari setiap penguji.

Bimbingan merupakan hal yang paling krusial. Setelah kita buat status yang apik. Jangan lupa untuk bimbingan dengan kk pembimbing yang udah ditunjuk. Di sana dia akan koreksi semua isi status kita dan apa yang enggak ngerti langsung ditanya aja cuuy.

Saat ujian, ajak pembimbing kita supaya ikut menemani. Nanti kalau ada pertanyaan yang sulit kasih kode ke kk pembimbing. “S.O.S” kak jawabannya apa. Sebaiknya sebelum ujian bilang ke kakaknya, “Kak kagek kalo ado yang aku dak tau kk tulis di kertas yo jawabannyo.” Usaha itu penting tapi jangan terlalu banyak berharap. Ini Ilmu Hitam. Hahaha..

Terakhir adalah DOA. Cuma Tuhan yang bisa nolong kita. Mohon doa dari ortu. Kalo ngerasa banyak dosa, segera bertobat dulu. Solat 5 waktu + tilawatil + tahajud dan sunat (kalo bisa). Lahaula Wala Quwataillbillahil aliyul adzim.

Kurang lebih itulah kiat-kiat ujian di stase bedah RSMH Palembang buat dokter muda. Aku kemaren dapet kasus Ca Mamma, BPH dan Lipoma. Pertanyaan yang muncul kemaren seputaran status mulai dari identifikasi sampai prognosis. Pahamin aja semua-semua yang sesuai dengan kompetensi kita seperti Patofisiologi, DD, Pemeriksaan apa aja yang dibutuhkan, Komplikasi, Tatalaksana sebagai dokter umum, Teknik operasi (Bedah Minor), dll. Oke, kayaknya cuma itu aja yang bisa aku bagi. Jadilah dokter yang bukan hanya sekedar dokter, tapi jadilah dokter yang berilmu. Semoga kita semua berhasil dan jadi dokter yang amanah dan berkompeten. Amin3x.. ya Robbal Alamin.. Selamat Belajar ^0^/

2 Comments (+add yours?)

  1. yuni_puspita_indah
    Jul 10, 2010 @ 19:48:45

    Dpt jg blog naaa…..
    gud..gud…first of all….selamet buat byNita yg udh lulus sm pnguji yg malam..hehe
    kl bole gw nambahin…pertama kali yg hrz kita sadari adala menyadari kl setiap stase itu penting..dan disanala kesempatan dan peluang kita untuk belajar byk sebelum kita pantes disebut dokter….yaa plg ga kita cari tahu apa aj yang mesti kita ketahui untuk kita pelajari dan kuasai selama berada disana…,,,pengalaman gw soalnya,,cuek aj pas masuk stase..ujung2nya bingung mau belajar n mulai dari mana,,which is meant:komunikasi itu penting…cari tahu itu penting…nanya adalah salah satu jalannya…
    dn gw pcya yg pertama dan utama adalah doa…awalan dgn bismillah…smg di stase yg akan kita masuki akan bisa kita lalui dgn lancar…
    doa supaya kita bs terus termotivasi untuk belajar dan mmanfaatkan peluang untuk tindakan2 yg ada….krn kdg di tengah2 ngejalani stase byk hal yg bisa bikin semngat jd drop…kl uda gt kembali ke niat awal…niat kita mulia donk mw jadi dokter yg bermanfaat…bkn jd dokter yg cm bs ngasih resep obat simtomatik aj..ya nggak..ya nggakk..

    nah …mugo mugo apo yg kuomgke ni bs kujalankan y nit…hehehe
    smngaatttttttttt!!!!!!!!

    Reply

  2. nyxinluv
    Jul 15, 2010 @ 20:38:17

    Nice comment, Pit..
    Amiiin, semoga kita tetap semangat..
    Semoga semua2 doa kita terkabul..

    P.S: Berjuaaang!!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: