Catatan Koas IKJ RS dr. Ernaldi Bahar

Hmm.. Ga terasa udah 2 minggu aku menjalani hidup stase jiwa di Rumah Sakit dr. Ernaldi Bahar (Erba). Hari pertama, rasanya bener-bener ga tau mau ngapain mana langsung jaga lagi dan besoknya langsung pretest. Mampus, bahan ga ada mau belajar apa gue. Sebelum jaga aku balik dulu ke rumah. Sambil tekucar-kacir balik lagi RS Erba, berhubung awal kami ga tau kalau setiap sore ada visite ke bangsal-bangsal dan tanpa terelakkan kami akhirnya tidak visite sore itu. Terpaksa paginya kami visite tanpa sepengetahuan wakadir selepas apel.

Oke, aku enggak akan berlama-lama. Kita langsung saja berbagi tips and trick stase di jiwa. Stase Jiwa di Erba dibagi jadi 2 minggu di Erba Palembang dan 2 minggunya lagi di Jambi. Pada dasarny, kelompok KKJ akan dibagi menjadi dua kelompok, 2 minggu pertama di palembang dan 2 minggu pertama di Jambi. Berdasarkan pengalaman pribadi, bersyukurlah bila mendapat giliran ke Jambi pada 2 minggu terakhir alias ujian di sana. Dijamin mantap. Berdoalah pada Tuhan semoga undian anda sesuai harapan. Selama di Palembang dan di Jambi, hal yang harus anda ingat adalah absen. Jangan pernah mengabaikan absen karena hal-hal kecil seperti itu kadang bisa membuat masalah.

Aku kebetulan kemarin dapat ujian di Jambi. Di sana ada 3 penguji Pak Bambang, Pak Sahab dan Bu Laila. Kalo Pak Bambang pertanyaannya seputar PPDGJ artinya agak lebih luas bukan status doang. Kisi-kisinya hapalkan PPDGJ III dari F00-F48 ini yang paling utama sebagai contoh soal; sebutkan gejala utama depresi, anxietas itu apa, apa saja jenis fobia, sebutkan kriteria sindroma ketergantungan obat, apa itu gangguan jiwa, Kriteria demensia dll. Namun, tidak menutup kemungkinan juga pembagian semua yang ada di PPDGJ berdasarkan psikotik dan non psikotik. Jangan lupa jg menghapal tentang obat-obatan efek samping dan penatalaksanaannya misal efek samping CPZ yaitu hipotensi orthostatik tatalaksana dengan obat noradrenergik jangan pake adrenalin. Untuk Ibu Laila, kita harus hapal status dan biasanya pertanyaan beliau seputar status sama dengan Pak Sahab. Berhubung aku ujian dengan Pak Bambang aku kurang tau soal Bu Laila dan Pak Sahab. Sebagai tambahan, Bu Laila Referensinya Buku Kaplan. Jadi, semua definisi yang keluar dari mulut kalian waktu ujian harus bersumber dari Kaplan.

Hmmmm, aku rasa cukup itu aja tips and tricknya udah subuh nih, ngantuuk. Yang jelas, penguji di Jiwa itu Bonam-Bonam. Jadi, kalian enggak usah khawatir, asal kalian rajin datang tepat waktu dan pulang juga tepat waktu alias lurus insya Allah lulus karena Pak Sahab pernah bilang, “Kalau seandainya kamu ketahuan pulang lebih awal sebelum jam berakhir maka saya anggap kamu R1 alias TIDAK LULUS!”. Selamat belajar dan selamat berpuasa, maaf lahir dan batin. Semoga kita jadi dokter yang kompeten dan amanah. Semangaat!!! ^0^/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: