Internship vs Koas vs PTT

dokter internship

Hmmm.. Terakhir nulis 19 Agustus 2011, sekarang 29 Maret 2012. Gw “tekdung” nulis 7 bulan.. Lama juga ya, mungkin aspirasi (Mungkin lebih tepatnya *Inspirasi) gw mulai buntu karena pengaruh umur. Sebenarnya dibilang buntu enggak juga sih, permasalahannya gw tipe orang yang meletup-letup, kalo lagi seneng nulis ya nulis, lagi sedih ya nulis, lagi bosen nulis cuma kalo lagi males gw milih mematung depan TV or tidur. Nah kebanyakan yang terakhir ini yang paling sering mendera gw.

Pengen cerita apa ya, hmm… mungkin dari aktivitas aja dulu kali ya. Sekarang gw udah selesai KOAS, gelar S. Ked kini telah berganti jadi Dokter (dr.). Horeeeee… akhirnya selesai kuliaaah dan aktivitas sehari-hari gw kini adalah sebagai DOKTER INTERNSHIP, dibilang koas bukan dokter PTT juga bukan. Program ini merupakan program dari KKI pusat yang konon katanya berguna untuk menghasilkan dokter yang siap pakai alias siap saji alias “Fast Food”.

Gw sendiri agak excited secara kita-kita angkatan pertama yang internship dari fakultas kedokteran Unsri. Syarat internship ya lulus Uji Kompetensi Dokter. Udah itu kita-kita di tentuin tempatnya oleh Dinkes Provinsi Palembang dapat penempatan di mana lewat cara diundi kayak ngambil arisan gituh. Alhasil, gw dapat penempatan di RSUD Dr. H. M. Rabbain Muaraenim. Terhitung tanggal 5 Februari 2012 gw udah bertugas di sana sampai dengan 4 Februari 2012. Berhubung Muaraenim itu jaraknya 4-5 jam dari tempat tinggal gw, jadi gw ngontrak rumah karena enggak mungkin banget PP Palembang Muaraenim. Setelah packing-packing, nangis-nangis dengan bokap nyokap gw pun berangkat merantau ke Muaraenim.

Hari pertama kami pergi ke Dinkes Kabupaten terus langsung dianter ke Rumah Sakit. Kami berlima belas orang ini enggak semuanya di RS, 10 ajo yang di RS dengan pembagian (5 UGD 5 Poli) sedang 5 lainnya Puskesmas. 1 minggu pertama kita-kita yang di RS masa orientasi tapi yang di puskesmas langsung tugas + jaga malam. Dokter Internship tidak diperbolehkan untuk praktek di luar lingkungan rumah sakit. STR dan SIP yang ada hanya terbatas untuk lingkungan internship saja. Busyeeet.. setelah gue pikir-pikir mungkin koas ama dokter internship rada-rada mirip kali ya, bedanya kita-kita digaji aja per 3 bulan, kalo dengan PTT mungkin Beda gaji ama tugas aja kali ya, gaji PTT lebih gede. Hehe.. 

Sekarang udah jalan 2 bulanan, “baru 2 bulan Ya Allah.. baru 2 bulaaaaan”, ternyata kehidupan dokter internship enggak parah-parah bener kok. Malah terkesan menyenangkan, wawasan bertambah luas misal lo mau ngitung cairan maintenance pada anak, cara cepat tanpa kalkulator pake aja infus makro gtt-nya samain dengan BB; pergaulan juga bertambah dengan dokter-dokter spesialis, kakak-kakak residen, ayuk-ayuk perawat, detil-detil kemaren gw dapet pena ma kalender; fashion juga dapet terbukti dengan gw beli maskara anti badai bener-bener anti badai kalo pake itu kayak pasien seperti melihat dibelakang tirai. Dijamin juga enggak bakal kelaperan, ada bagelan, pempek, martabak, rambutan, duku,dll. So Far So Good Is Very Good.

Bagi kalian yang belum merasakan apa itu internship jangan takut yah coz Internship itu sangat sangatlah menarik.. Memang segala sesuatu pasti ada suka dukanya tapi Intinya, Jalani pekerjaan kamu dengan rasa ikhlas dan antusiasme yang tinggi dijamin seberat apa pun pekerjaan kamu, selelah apapun kamu pasti pekerjaan itu akan terasa menyenangkan. Segala sesuatu itu baik buruknya tergantung niat. So, dont affraid with something new, lakukan saja semuanya sebaik mungkin agar tidak ada penyesalan di masa mendatang..

12 Comments (+add yours?)

  1. Berkarya Merajut Harapan
    May 24, 2012 @ 18:36:26

    blogwalking

    Reply

  2. rachman
    Jun 04, 2012 @ 16:20:21

    mbg gmna rsanya jd dkter??
    d saat koas ap yg pling brkesan en dmn ya mbg koas nya??

    Reply

  3. ramadhanputra88
    Jun 15, 2012 @ 18:00:02

    oow.., jd ad gt y dr internship? waahhh….

    Reply

  4. nyxinluv
    Jul 20, 2012 @ 17:58:30

    Rasanya jadi dokter itu yang jelas jauh lebih enak 180 drajat dari koas dek.. So, belajar yang rajin dan giat biar cepat selesai dan segera jadi dokter.. Dokter itu susah2 gampang susah (Haha gw galau..)

    Semangat !!!

    Reply

  5. nyxinluv
    Jul 20, 2012 @ 17:59:18

    eh ada ramadahan si “Anak Gunung”..Wkwkwkw

    Reply

  6. dine
    Sep 25, 2012 @ 08:42:03

    halo kak, sy mau nanya dongg..dokter ptt sama dokter internship itu apa? beda nya apa?? makasih🙂

    Reply

  7. Cahya
    Jan 02, 2013 @ 17:54:18

    Masalahnya cuma di biaya hidup, dengan 1,2 jt/bulan, kalau misalnya separuhnya saja sudah habis untuk kost, sisanya mau makan apa?😦

    Reply

  8. nyxinluv
    Feb 20, 2013 @ 20:22:51

    terpaksa makan paracetamol, ctm, gg puskes.. Hahaha.. Betul2x..

    Reply

  9. krishnoy
    Jul 13, 2013 @ 09:32:43

    blogwalking. nice blog😀

    Reply

  10. s
    Nov 11, 2013 @ 11:53:29

    halo dokk, duhh aku baru aja mau brngkt iship ke muara enim. rasanya lebh takut drpd excited nya hahaha. kira2 klo lg lupa boleh ngga ya nanya ama perawat ato dr senior disana,, takutnya diomelin *masih bawaan koass*

    Reply

  11. yodan
    Mar 21, 2015 @ 01:59:46

    hi dok, jadi koas sama intern itu beda ya? atau sama ?

    Reply

  12. ade
    May 18, 2015 @ 16:58:27

    mbak mau tanya pada masa internship apa kegiatannya jauh lebih banyak dari coass? kayak belajarnya gitu? coz yg saya dengar di program insip itu mesti ada laporan dan presentasi kasus tiap minggunya jadi rutinitas belajar tiap hari tetap ada.. oh iya sama dituntut dokter spesialisnya untuk selalu bisa apapun itu… sorry satu lagi selama mbak menjalani insip di bagian mana yg paling menyita waktu? terima kasih semoga berkenan untuk menjawab pertanyaan saya: )

    Reply

Leave a Reply

